Minggu, 11 Desember 2011

((AUMAN)) Ketika Harimau Sumatera Kembali Bertahta

Selamat siaang semuanyaaaa...
Ini adalah posting serius pertama setelah masa hiatus tanpa alasan saya..Apa yang membuat saya tergerak untuk kembali? jawabnya: karena single terbaru dari band sial [baca: ((AUMAN)) ] yang satu ini..
Saya tidak ingat kapan tepatnya saya mulai menggilai mereka, yang jelas, pada saat itu saya terpesona dengan single pertama mereka yang bertajuk W.K.G.G dan lagu itu menjadi salah satu rilisan lokal yang merajai playlist saya..
Sedikit Basa-basi
Tanpa bermaksud untuk menebarkan bibit fasisme, seringkali kita memandang sebelah mata terhadap band yang muncul dari luar Pulau Jawa. Begitu bodohnya, banyak kita mengajukan alasan-alasan seperti kendala fasilitas dan minimnya referensi bermusik sebagai "media penghakiman" atas kualitas mereka. Ya..buat saya, hal ini termasuk dalam kategori ultra-bodoh, dan siapapun yang berpendapat demikian sudah seharusnya menjalani hidup mereka dengan mulut tersumpal.
Cukup sudah basa-basi
Mari kita kembali kepada ((AUMAN)).. buat kalian yang mungkin belum pernah sadar akan keberadaan band ini, mereka adalah segerombolan pemuda dari Selatan Sumatera. Lalu apa yang membuat mereka berbeda? Simpel. Kalau kalian termasuk tipe orang yang saya gambarkan di atas, mereka lah yang akan menyumpal mulut kalian. Lebih dari setahun yang lalu, saya mendengarkan mereka untuk pertama kalinya, melalui lagu mereka yang berjudul W.K.G.G , cukup mengejutkan buat saya, mereka menawarkan sebuah konsep yang sering dibicarakan namun jarang dimainkan. Dikarenakan terbatasnya wawasan dalam dunia musik, saya sedikit menemui kesulitan untuk menyematkan label yang sesuai untuk konsep musik mereka. Mungkin singkatnya mereka merupakan citarasa kenakalan lokal campuran antara Acrimony dengan semangat The Bronx dibawah bimbingan Lemmy Kilmister.

Setahun berselang, saya kembali memperoleh kabar mengenai single terbaru mereka yang berjudul "City of Ghosts". Sebuah keajaiban seringkali muncul dalam kondisi yang tidak terduga, sebuah pesan dalam inbox saya mengkonfirmasi kebenaran kabar tersebut. Sebagai pembuktian bahwa itu bukan sekedar hoax semata, terlampir pula sebuah berkas berisi lagu berjudul "City of Ghosts" dan saya menyebutnya Anugerah!! hahahaha....
Berbekal pengalaman sebelumnya, saya mencoba melakukan konstruksi ekspektasi atas lagu terbaru dari gerombolan Harimau Sumatera ini. Lalu apa hasilnya? Semua jauh dari apa yang saya harapkan. Putaran pertama City of Ghosts, saya hanya terdiam tanpa reaksi, mencoba memastikan bahwa saya tidak sedang bermimpi. Putaran kedua, membuyarkan semua keheningan saya. YEAAHH, mereka menawarkan sesuatu yang berbeda pada single keduanya, lebih berat, lebih pelan, dan lebih gelap. Sepintas mengingatkan saya pada lagu-lagu bertempo pelan dari mereka yang melakukan resureksi psychedelic blues/rock macam Brutus. Mungkin semacam versi yang lebih bluesy dari Electric Wizard atau Saint Vitus. Pada beberapa bagian, isian vokal nya benar-benar menyenangkan, sang vokalis tidak terjebak dengan pola vokal standar , tetapi berupaya untuk lebih bernada ala Sleep atau Trippy Wicked & the Cosmic Children of the Knight atau apapun yang berakar pada Black Sabbath. Bahkan sepintas,pada beberapa bagian kecil, terdengar seperti chanting yang mengingatkan pada kejayaan Om era Conference Of The Birds. Aransemen mereka sukses bersenggama dengan estetika telinga saya, membawa saya melayang dan mengakhiri perjalanan dengan sebuah klimaks yang indah..ya,saya mencapai apa yang dinamakan eargasm. Berlebihan? terserah..yang jelas saya menyukai band ini!!!

Tentu saja saya memiliki materi mereka untuk diunduh, tapi untuk saat ini, akan saya biarkan kalian penasaran dan mengikuti permainan kecil ((AUMAN)) yang akan membagikan link download nya besok hari Senin, 12 Desember 2011. Keterangan lengkapnya baca disini !!!

2 komentar:

  1. trimakasih atas dukunganmu..zuper zegan!! salam dari tanah Sriwijaya!

    http://auman.posterous.com

    BalasHapus