Senin, 01 Maret 2010

Tom Gabel - Heart Burns

Satu lagi dari playlist saya..memang bukan rilisan baru karena sudah beredar sejak akhir 2008..kenapa masih saja saya review?ya karena saya suka..satu lagi perpaduan yang menyenangkan buat saya,musik yang bersahabat dengan estetika telinga saya sekaligus dipersenjatai lirik-lirik yang setidaknya dapat membuat benda lucu di dalam tengkorak saya (orang-orang menyebutnya otak) menjalankan fungsinya..Saya rasa banyak yang sudah familiar dengan sosok Tom Gabel sebagai personel dari band punk yang juga sama esensial nya 'Against Me!'
Apa yang ditawarkan Tom Gabel dalam Heart Burns ini sebenarnya tidak berbeda jauh dari apa yang dia lakukan dalam Against Me!, masih berakar dari punk yang kental dengan nuansa folk, hanya saja porsi punk di album solo nya ini tidak terlalu dominan. Tapi tidak seperti mereka yang berada di jalur folk punk yang lain seperti Robert Blake,Andrew Jackson Jihad atau Rachel Jacob,apa yang ditawarkan Tom Gabel dalam album ini saya rasa lebih anthemic, mungkin semacam Angelic Upstarts dalam lagu 'Solidarity'..Mayoritas lagu-lagu yang ada di album ini memiliki unsur folk/ballads yang kental,seperti dalam lagu 'Conceptual Paths', 'Anna Is A Stool Pigeon' dan '100 Years Of War'..tapi bukan berarti monoton,pada track 'Amputations', saya merasa terbawa pada era-era Billy Idol saat masih tergabung dalam Generation X..kejutan juga muncul pada track 'Random Hearts' yang kental dengan nuansa post-punk..
Berlanjut pada penulisan lirik,yup,well-written of course,Tom Gabel selalu menawarkan sesuatu yang lebih. Cenderung politis mungkin, tapi saya lebih suka menyebutnya sebagai lirik-lirik agar kita berkaca, merenung dan berpikir tentang hidup dan kehidupan di sekitar kita..Read 'em all and try to see the world through Gabel's eyes.. Lirik favorit saya jatuh pada 'Anna Is A Stool Pigeon', yang menceritakan bagaimana sekelompok aktivis tertangkap gara-gara salah satunya jatuh cinta pada seorang perempuan agen FBI yang menyamar menjadi seorang feminis, tragis memang, tapi itulah kenyataannya, kita tidak akan benar-benar mengetahui siapa yang berada di sekitar kita..saya akhiri saja tulisan ini dengan menyanyikan reff dari 'Anna Is A Stool Pigeon'...Be careful what you think...Be careful what you say...It might be used against you in court one day....

DOWNLOAD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar