Kamis, 04 Maret 2010

Tukang Nanas

Nanas..iya nanas..Barisan penjual nanas ini ada di sekitar jalan Dr Setiabudhi, Bandung, jalan yang selalu saya lewati minimal dua kali sehari. Sebenernya ga ada yang aneh dari kelompok nanas kaki lima ini, standar banget, isinya ya cuma nanas yang digantung-gantung gitu..
Suatu hari, dua teman (secara teknis, yang satu lagi adalah saudara saya) mengajak menjelajah kota tengah malam, mungkin biar terdengar sok Judas Priest dengan Living After Midnight nya..Meeting point disepakati di daerah Cipaku, Setiabudi atas, lebih tepatnya di salah satu ruangan rahasia di sebuah rumah yang konon menjadi official basecamp buat segerombolan pemuda yang hobi mendengarkan lagu-lagu menyeramkan.
Lewat tengah malam, kami sepakat meninggalkan ruangan rahasia itu, dan mulai menyusur jalanan kota. Perhentian pertama ternyata di luar rencana, salah seorang dari kita yang konon berprofesi sebagai ninja, tertarik dengan suatu hal yang dilihatnya saat melintas jalanan ekstra sepi, yup, deretan tukang nanas di Jl Dr Setiabudhi. Tidak seperti yang saya biasa lihat di siang hari, saya baru sadar kalo ternyata gerombolan nanas ini terlihat lebih menarik di malam hari, paling tidak menurut saya jajaran lampu pijar entah berapa watt ini terlihat keren di tengah-tengah kota Bandung yang terkenal pelit lampu jalan..sambil sok sibuk mengambil gambar, saya melihat di beberapa kios, ternyata si penjual ada juga yang tidur di balik tumpukan nanas ini, terlelap tenang diantara bising lalu lalang kendaraan yang sesekali melintas, mengisi ulang tenaga untuk memulai esok hari dengan menawarkan kurang lebih Rp 10.000 untuk 3 buah nanas lengkap dengan jasa kupas dan potong..Saya terdiam sejenak melihat mereka, dalam hati saya berkata "selamat berjuang bapak-bapak, semoga nanas-nanas itu dapat memberi kehidupan yang lebih baik nantinya." Saya kemudian mengambil beberapa foto sebagai 'penghargaan' sekaligus kenang-kenangan yang akan selalu mengingatkan saya tentang secuil kehidupan di sudut kota dimana saya tinggal ini..

NB: maaf kalo lampu pijar di foto itu sinarnya mengganggu anda, ya saya tau, itu memang over exposure, dan saya terlalu primitif untuk berkawan dengan photoshop..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar